Tuesday, 22 April 2014

error,"Hari kebaya..."

Bangun pagi kemarin, gue ingat bahwa itu hari Senin, 21 April 2014, dan hari kartini... Tapi beneran deh, ga terbayang apa pun tentang hari kartini. Sampai akhirnya gue pergi ke pasar swalayan dekat rumah. Masih biasa aja sih sebenarnya, tapi sewaktu gue masuk, oops.., ada apakah ini? Apa gue salah masuk? Gue lihat perempuan-perempuan berkebaya dan berkonde ada di sini. Memangnya ada pernikahan di sini? Itu pertanyaan gue dalam hati, yang ga gue lontarkan pada siapa pun. Dan gue terus saja masuk ke dalam pasar swalayan itu. Pikir, pikir, dan pikir..., hmm..., hari kartini...

Jadi teringat sewaktu masih jadi siswa SD sampai SMA, setiap tanggal 21 April, diharuskan mengenakan kebaya untuk siswa perempuan. Lomba-lomba yang ada tuh lomba ayu berkebaya, eh ngemeng-ngemeng, gue dulu menang terus loooh...! Hahaha, gue juga ga nyangka, ternyata bisa juga ya gue dulu tuh menang. Ada juga lomba merangkai bunga, lomba memasak, pokoknya judulnya kewanitaan. Aneh juga ya? Padahal digembar-gemborkannya ibu kartini kan tentang emansipasi wanita, lah kok perayaannya sebatas kewanitaan dan kebaya, konde. Identik dengan kebaya dan konde. Lah kartini yang beremansipasi tuh mana ya? Dan sampai sekarang, masih saja ada yang merayakannya dengan kebaya dan kewanitaan. Ga ada tentang emansipasi sama sekali. Aneh! Ya seperti di pasar swalayan itu, haduh, susah banget deh tuh mbak dengan kebaya dan sanggul! Bayar sendiri untuk dandannya, perusahaannya cuma nyuruh aja. Lah...! Sebenarnya apa sih yang mau dirayakan? Bajunya, atau pemikirannya? a

Ternyata masih saja melihat seseorang dari apa yang disandang, bukan dari bagaimana dia bersikap, bagaimana dia memandang hidup... kebaya..., hmm, kartini identik dengan kebaya. Jadi, 21 April itu adalah hari kebaya, bukan hari emansipasi wanita... Hahaha!


Salam Senyum,
error






6 comments:

  1. kirain mbak Nita yang pake kebaya kemarin,,,,,,,yups sepakat mbak...saat merayakan hari kartini..seharusnya bukan kebaya dan konde yg ditonjolkan...tapi bagaimana sikap wanita itu sendiri terhadap emansipasi dan kesetaraan gender yg selalu digembar gemborkan sebelum hari kartini....eh begitu hari kartini tiba,,,,malah lupa ...
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, ga kebayang deh kalo aku pake kebaya, weehehehe... ribeeet bangeeeet... :D Aneh ya, kenapa hari momentum emansipasi kok malah jadi hilang makna emansipasinya... :D
      ok, stay blogging, stay be blogger, horeee...!! :D Makasih... Salam senyum dari bekasi ;)

      Delete
  2. waktu aku sekolah malah gak perah pakai kebaya mbak hari kartini

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku kebayaan terus, mbak. mama seneng banget ngedandanin anak ceweknya ini :D

      Delete
  3. Mba, koq jdi pingin liat kamu berkonde, ya.

    ReplyDelete