Skip to main content

error,"Cerita yang belum usai" # 3

Ufh, hari ini jam serasa lambat bergerak. Pekerjaan masih saja bertumpuk, belum selesai. Mataku mulai tak kuat menahan kantuk. Tiba-tiba terdengar bunyi trrrrt, trrrrt, trrrrt... Telepon di mejaku berbunyi.

"Ya, hallo", ucapku

"Turun ke sini", suara itu ramah tapi tegas memerintah. Aku keluar ruangan, menuruni anak tangga perlahan menuju ruangan yang berada di depan. Mengetuk pintunya perlahan, lalu mendorong pintu dengan hati-hati. Senyum itu terlihat jelas. Raut wajahnya tampak cerah.

"Saya mau melanjutkan cerita", ujarnya sambil menyorongkan piring kecil berisi lumpia lengkap dengan saus dan cabe rawit ke depanku. Lumayan sebagai pengganjal mata ni cabe rawit, pikirku. Lalu kuambil sepotong lumpia, dan muai menggigitnya. Dia tersenyum dan berkata,"Terlihat sekali kamu lelah. Banyak pekerjaan hari ini?". Aku terkejut dengan pertanyaannya, hingga cabe rawit tergigit habis! Oops, minum, aku harus minum. Pedas! Disodorkannya pula segelas air kemasan untukku, dan dengan cepat kuminum. "Pelan-pelan, jangan terburu-buru", ujarnya dengan suara kebapakan. Aku tersenyum.

"Oh ya, nanti saya akan ke rumahnya, menjenguknya. Mau ikut?"

Pertanyaan simple, tapi membuatku terbatuk-batuk. Senyumnya hadir lagi.

"Dari tadi kamu terbatuk kaget terus. Ada apa?"

Aku menggeleng dan tersenyum, juga menjawab,"Ga apa-apa, nanti saya boleh ikut?"

"Loh, malah nanya. Saya mengajak kamu"

"Ya, dengan senang hati"

"Sekarang, mari. Supir sudah siap di depan"

Wow, berarti hari ini pekerjaanku harus kubawa pulang, karena hari ini jam kerjaku digunakan untuk mendampinginya pergi.

Di depan, mobil sudah siap menunggu. Aku ikut pergi, duduk di belakang. Perjalanan tanpa suara, hanya suara klakson yang riuh rendah di jalan yang membuat ramai gendang telingaku. Aku berpikir tentang dia, dan dia, tentang cinta mereka yang belum usai, cinta yang terpisah oleh jodohkah? Lalu apa sebenarnya yang disebut jodoh? Orang yang dicintai dan mencintainya dengan tulus, tidak menjadi pasangan hidupnya, tapi memiliki cinta yang terus menerus disimpan dalam hati, tidak terusik, tidak diusik. Hmm, perjalanan hidup, tak seorang pun mengetahui di mana akan berakhir, dan apa yang akan dihadapinya. Apakah cintaku juga akan...

"Sudah sampai. Ayo turun. Sejak tadi kamu melamun", suaranya menghentikan lamunanku. Aku tersenyum, dan tertawa kecil.

Rumah yang megah! Aku berdecak melihat megahnya rumah ini. Hebat! Jadi perempuan yang dicintainya adalah perempuan yang hebat!

"Dia seorang pengusaha sukses, dulu menjabat Presiden Direktur di sebuah perusahaan ternama. Dia memang hebat, pintar, tapi tidak pernah sombong, dan tidak pernah merendahkan siapa pun. Dia seorang yang baik", ujarnya.

"Ya, betul. Rumah ini..., wuuh! Andai saya bisa memiliki rumah, tak usah semegah ini, tapi cukuplah untuk sebuah kata layak bagi 3 anak saya, pasti saya sudah merasa bahagia. Belum punya rumah saja saya bahagia, apalagi memilikinya. Rumah ini, besar sekali", kataku.

"Ditempati oleh dia, dan seorang pembantu setianya. Saudara-saudaranya sesekali berkunjung menjenguk dan menginap. Mereka semua orang yang sukses dalam karir. Mari kita masuk", dia menambahkan.

Terlihat seorang perempuan berlari-lari mendekati kami setelah menutup gerbang rumah. Senyum lebarnya terlihat jelas. "Bapak, Ibu sudah menunggu sejak kemarin. Mari Pak", perempuan itu berkata dengan amat ramah, dan terdengar amat lega karena si Ibu dijenguk.

Memasuki rumah ini, rasanya seperti memasuki sebuah istana kecil. Sentuhan seni ada di seluruh ruangan. Indahnya! GUSTI, boleh kan aku memohon? Rumah yang indah penuh cinta untuk aku dan anak-anakku. Ah ya, rumah ini terasa dingin karena tak ada cinta di dalamnya. Ada sepotong cinta dari sebuah hati, dan potongan lain ada jauh dari tempat ini, dan menjadi hangat sewaktu potongan itu datang. Ingin cepat-cepat bertemu dengan perempuan yang dicintainya!

Masuk ke sebuah kamar, ada sebuah kursi roda di dekat tempat tidur, dan terlihat seorang perempuan tua yang masih terlihat cantik, tidur pulas.

"Ssst, jangan berisik, dia sedang tidur. Lihat, dia bagai seorang putri surga", dengan tersenyum dia mengucap ini padaku, dan kurasa tak membutuhkan jawabanku sama sekali. Jadi aku cuma tersenyum saja.

Bibi yang tadi membuka dan menutup gerbang serta mengantar kami ke kamar, datang membawa 3 cangkir teh manis, dan 3 gelas berisi minuman berwarna merah. Weh, tiba-tiba aku merasa haus, tapi kutahan untuk meminum. Nanti saja, sopanlah sedikit, Err! Bisik hatiku pada diriku sendiri. Lalu aku memandangnya, lelaki yang selalu bercerita padaku tentang pengalaman hidupnya, dia sedang memandang perempuan yang dikasihnya. Oh, dia berdoa untuk perempuan yang disimpannya dalam cerita hati! Tissue, aku membutuhkan tissue! Tak kuasa menahan haru, airmataku muolai mengambang. Ada sekotak tissue di sisi tempat tidur, dan kutarik perlahan. GUSTI, inikah cinta sejati? Saling mencintai walau tak pernah bisa memiliki, dalam diam menyimpan separuh cintanya, dalam hening menyimpan sepotong cintanya, dalam bisu mengasihi cintanya, dan hanya doa yang membuat tetap hidup cintanya... Aku makin membutuhkan tissue...

*****
Salam senyum,
error


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

...Filosofi Tembok dari Seorang di Sisi Hidup...

Sisi Hidup pernah berbincang dalam tulisan dengan gw. Berbicara tentang tembok. Gw begitu terpana dengan filosofi temboknya. Begitu baiknya tembok. 'Tembok tetap diam saat orang bersandar padanya. Dia pasrah akan takdirnya. Apapun yang dilakukan orang atau siapapun, tembok hanya diam. Tak bergerak, tak menolak. Cuma diam. Tembok ada untuk bersandar. Gw mau jadi tembok' Itu yang diucapnya Gw ga habis pikir tentang fiosofi tembok yang bener-bener bisa pasrah diam saat orang berbuat apapun padanya. karena gw adalah orang yg bergerak terus. Tapi sungguh, takjub gw akan pemikiran tembok yang bener-bener berbeda ama pemikiran gw yang selalu bergerak. Tembok yang diam saat siapapun berbuat apapun padanya bener-bener menggelitik gw. Gw sempet protes, karena menurut gw, masa cuma untuk bersandar ajah?? Masa ga berbuat apa-apa?? Dan jawabannya mengejutkan gw... 'Gw memang ga pengen apa-apa lagi. Gw cuma mau diam' Gw terpana, takjub... Gw tau siapa yang bicara tentang tembok. Ora

Menu Baru Nongkrong Di HokBen

Gaeees, ada bocoran baru, nih! HokBen meluncurkan menu baru untuk SNACK, DESSERT, dan DRINK! Ada  Sakana sticks ,   Ocha Lychee Tea , dan   Soft Pudding . Yeey, asyik banget, kan? Tapi untuk saat ini menu Soft Pudding baru ada di wilayah Jabodetabek aja, ya. Bocoran lagi nih ya, dan please jangan disimpan jadi rahasia,"Tiga sajian baru ini sudah dapat dinikmati mulai Maret 2017 di seluruh gerai   HokBen   di Jabodetabek, Jawa dan Bali. Harganya? Cuma berkisar Rp. 16.000,- sampai Rp. 18.000,- Ini sudah termasuk pajak, loh! Murahnyaaa!" Pasti mau tahu lebih lanjut mengenai menu baru ini, kan? Penasaran yaaa? Yuk yuk ah dilanjut! 1. Sakana Sticks  Sakana sticks adalah nuget yang berasal dari produk olahan ikan air tawar, dibalur dengan tepung khas HokBen, berbentuk sticks. Sakana Sticks ini memiliki 2 rasa pilihan rasa, loh! Ada   Sakana Sticks Original   dan   Sakana Sticks dengan taburan Nori/ Seaweed.  Hati-hati loh gaes, dua rasa ini bikin ketagihan

error,"Sehat dan pulih kembali ya bap, amin"

Bapak yang biasa kupanggil Bap, harus masuk rumah sakit di salah satu rumah sakit besar untuk dioperasi. Ya, bap kanker rectum. Aku mendampingi bap sejak rawat jalan hingga akhirnya harus dioperasi. saat bap rawat jalan sebelum operasi I Bap mulai rawat inap Senin, 6 Februari 2012. Rencana operasi kamis, 9 Februari 2012. Tapi ternyata operasi tidak jadi dilakukan di hari itu, dan diundur hari kamis berikutnya, 16 Februari 2012. Saat-saat bap sebelum dioperasi benar-benar membutuhkan kekuatan bagiku. Selain memang aku sendirian menjaga, yang notabene berarti harus riwa riwi mengurus obat ke apotik, dan semuanya, juga harus menghadapi bap yang dengan kondisi pendarahan setiap hari. Bap jarang bicara padaku saat itu, mungkin karena rasa sakit yang tak tertahankan.  kasur dialasi karena semua penuh dengan darah bap Akhirnya waktu untuk operasi pun tiba. Bap menjalani prosedur untuk operasi yang seminggu sebelumnya juga dijalaninya. Aku mendampingi bap hingga akh