Wednesday, 27 March 2013

error dan sms jawaban panggilan psikotest yang mencengangkan!WEK!!!



Ada senyum berhubungan dengan panggil memanggil calon karyawan untuk psikotest n wawancara...
Sekarang mengundang calon karyawan untuk datang ikut psikotest dan wawancara tu ga serumit dulu yang by post. Tapi cukup dengan sms ke no hape yang mereka punya aja. Kalau di sms gagal, biasanya baru gw menghubungi mereka by phone. Di akhir sms gw selalu minta mereka konfirmasi tentang kesediaan mereka untuk hadir di hari dan jam yang sudah ditentukan. Sms selalu dibalas oleh calon karyawan, bisa hadir atau tidak bisa hadir di waktu yang sudah ditentukan. Ada yang tanya alamat lengkap kantor, ada yang menjawab dengan penuh kepastian bisa hadir, ada juga yang menjawab dengan menyesal tidak bisa hadir karena sudah bekerja, ada juga yang minta reschedule karena di hari itu mereka tidak bisa hadir, tapi berminat untuk mengikuti psikotest dan wawancara. Bahasanyapun beragam. Ada yang dengan gaya bahasa formal, ada yang bergaya bahasa santai seperti ngobrol sehari-hari dengan temannya. Semua itu gw baca dengan senyum. Tapi kejadian beberapa waktu yang lalu ada jawaban sms undangan psikotest dan wawancara yang gw kirim ke calon karyawan yang bikin gw tergelitik..."Mbak Nita Yth, maaf saya gbs datang untuk psikotest dan wawancara karena ortu ga punya ongkos untuk saya datang ke kantor mbak". Membaca jawaban sms itu, gw tersenyum lalu tertawa...! Hm, apa ga seharusnya dia berusaha untuk transportasi ke kantor gw karena dia apply cv, dan juga dilihat dari usianya yang sudah dewasa, dan sorry, gender nya male alias cowo. Menurut gw, orang ini ga da usaha untuk masa depannya sendiri, dan malah menyalahkan orang tua!

Ini pelajaran bagus untuk ga ditiru...berusahalah, berjuanglah untuk apa yang diimpikan...jangan berharap dan bergantung pada orang lain, apalagi menyalahkan keadaan.




Salam Senyum,




errror

2 comments:

  1. selamat siang mba nita, saya kebetulan lagi buka lowongan untuk toko saya, nah surat lamaran sudah masuk, tapi saya masih bimbang untuk mengundang wawancara via telp atau sms atau fb? menurut mba nita bagaimana? kalo bisa sih dijawab disini atau melalui email mba ke x.sist.comp@gmail.com aja. terus kira2 untuk wawancara apa saja yang perlu ditanyakan ke calon karyawan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh mas, maap banget aku baru buka lagi blog ini, jadi baru aja baca pagi ini. Mengundang wawancara bisa via apa saa, selama bisa ditangkap dan dimengerti oleh si pelamar, mas. dijelaskan gamblang kapan waktu dan tempat wawancara akan dilaksanakan. kalau via sms, di akhir sms mas tulis agar mereka konfirmasi bisa hadir untuk wawancara atau tidak, krn ini juga menjelaskan sms sapai di tangan yg dituju atau tidak. Aku ga menyarankan via jejaring sosial, mas, walaupun ga apa-apa juga sih. Tapi lebih baik via telp, atau sms aja. yang ditanyakan tentunya mereka tau ttg loker darimana, pengalaman dan basic pendidikan mereka sesuai ga dgn posisi yg dibutuhkan, juga mas perlu membuat rincian pegawai seperti apa yg diharapkan utk di posisi tersebut, jadi mas bisa menyeleksi dengan lebih baik. selamat menyeleksi, mas. maaf banget aku terlambat menjawabnya.
      salam senyum,
      error

      Delete