Sunday, 12 October 2014

error,"HORREE, DAPAT NOL!".

Ga tahu kenapa, tiba-tiba gue teringat kisah lama tentang Ngka, putra sulung gue yang sekarang sudah menjadi mahasiswa, sewaktu masih kelas 1 SD. Ngka terdaftar menjadi siswa SD swasta di dekat rumah. Nilainya bagus-bagus, dan gue hargai itu dari proses Ngka belajar. Saat itu gue ga bekerja, gue seorang ibu rumah tangga fulltime dengan 3 orang campuran putra-putri.

Setiap hari Ngka belajar dibimbing gue. Tapi ada 1 matapelajaran yang gue ga sanggup mengajarinya, yaitu matapelajaran bahasa daerah, bahasa Sunda. Gue menyerah untuk urusan bahasa daerah. Nilai bahasa Sundanya berkisar di nilai 7. Dan gue merasa cukup, karena gue aja ga bisa mengajarinya.

Ngka selalu gue antar dengan mengajak Esa, dan Pink, menunggu di kantin. Dan di hari itu, saat istirahat, gue melihat Ngka berlari riang menuju tempat gue dan dua adiknya menunggu, sambil mengacungkan sebuah buku ke atas.

"Mama! Mama!", teriak Ngka sambil terus berlari ke arah gue.

Gue tertawa melihatnya. Bahagia melihat Ngka yang terlihat senang sekali. Gue ga tahu kenapa Ngka terlihat senang, tapi wajahnya berseri-seri, rambutnya melambai-lambai, begitu pula lembaran halaman buku yang diacungkannya. Ngka belum pernah terlihat begitu senangnya seperti hari itu. Gue penasaran, ada apa gerangan.

"Mama!", ujar Ngka dengan nafas tersengal-sengal, berdiri di hadapanku.

"Ya, ada apa sayang? Lari-lari sampai ngos-ngosan gini", aku berkata pada Ngka sambil mengusap keringat yang basahi dahinya, lalu kuminta Ngka duduk di sebelahku.

"Tahu ga, Ma?", Ngka berujar.

"Apa?", tanyaku.

Dan dengan suara keras, Ngka melonjak kegirangan, berteriak,"MAMA, HORRREEE, AKHIRNYA NGKA BISA DAPAT NOOOOL!!!", sambil mengangsurkan buku bahasa Sunda.

Hwahaha, gue ga bisa menahan geli, ikut tertawa bersama Ngka. Sedangkan Esa, dan Pink, jelas saja ga tahu ada apa sebenarnya. Lah wong Ngka aja ga tahu kenapa gue tertawa mendengar dan melihat nilai nol untuk matapelajaran bahasa Sundanya. Hahaha!


Salam senyum
error

      

0 komentar:

Post a Comment