Thursday, 22 August 2013

Tugas Blogger Indonesia Yang Merupakan Blogger ASEAN

Blogger Indonesia, Blogger ASEAN...!! Yeaa...! Hehehe, kalau bisa berteriak, pasti aku sudah berteriak seperti itu. Tapi karena mulut terkunci rapat, tapi tak lepas dari tersenyum. Ya jelas, kan senyum itu ibadah, lagipula, aku manis loh kalau tersenyuum :). Dan karena mulut ini terkunci, jari-jari bergerak berteriak...

ASEAN? Dulu sewaktu masih di Sekolah Dasar (SD) kita belajar tentang ASEAN. Hanya sedikit sih yang aku tahu tentang ASEAN sebenarnya. ASEAN merupakan singkatan dari Association of Southeast Asian Nations (ASEAN), yang merupakan organisasi geo-politik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara yang didirikan di Bangkok pada tanggal 8 Agustus 1967, berdasarkan Deklarasi Bangkok oleh Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Senang juga setelah mengetahui ternyata ada Komunitas Blogger ASEAN. Aku yang baru di bidang blog, dan tentu saja baru menjadi blogger rasanya senang sekali, dan takjub, waaah ternyata blogger itu punya komunitas yang jangkauannya luas, tidak hanya sebatas sesama blogger di Indonesia. Dan juga takjub ternyata blogger punya tugas yang termasuk penting juga, yaitu mensosialisasikan Komunitas ASEAN 2015 kepada masyarakat luas lewat tulisan yang diposting, mengedepankan pendekatan dan upaya dialog dan kerjasama di antara sesama anggota dengan mitra wicaranya terus dilakukan dan itu semua untuk memperkuat komitmen bersama dalam mendukung perdamaian, kerjasama dan kemitraan di kawasan, (memajukan norma culture of peace, cooperation, and partnership), dan blogger memagang peranan dalam hal itu, karena Integrasi Konstruktif berbasis kerakyatan (people centered) sangat diperlukan, dan blogger yang aktif lewat interaksi di media sosial ikut membangun identitas ASEAN yang cerdas, mandiri dan beradab di tingkat global.

Agak gemetar juga sewaktu menyadari bahwa tugas blogger itu benar-benar bukan hal yang main-main. Ya, tulisan itu bisa mempengaruhi seseorang, bahkan bisa mempengaruhi banyak orang, bisa membangun opini publik. Tulisan yang positif, tulisan yang memang sarat dengan upaya membangun perdamaian tentu diperlukan. Kalau tidak ada perdamaian, mana bisa terjadi pembangunan ekonomi dan perwujudan Komunitas ASEAN 2015? Dengan terciptanya perdamaian dan stabilitas di kawasan ASEAN menjadi modal dalam proses pembangunan ekonomi dan sosial budaya masyarakat ASEAN. Kalau tidak damai, berarti ekonomi menjadi buruk, memburuk dan semakin buruk, dan yang terjadi pada sosial budaya masyarakat juga akan berbanding sama buruknya dengan perekonomian jika tak ada perdamaian diantara negara-negara ASEAN.

Perdamaian adalah tugas kita bersama. Dan aku salah satu orang yang juga merasa diserahi tanggung jawab untuk membantu perwujudan perdamaian di kawasan ASEAN, dan tentunya juga pasti mengarah pada dunia internnasional secara menyeluruh.

Jadi, blogger adalah pilihan tepat bagiku. Berteriak tentang perdamaian, saat mulut terkunci rapat. Jari-jari berbicara dan didengar oleh dunia...



10 comments:

  1. wah, telat nih...
    ini sudah hari terakhirnya yah...
    ah, tapi gak papalah...
    semoga berhasil...

    ReplyDelete
  2. Semoga peran serta para blogger lebih dapat menajadi sosial control dan yang mengarah untuk tercipta nuansa positif bagi pola pemikiran dari setiap sektor pembangunan yang berdampak kepada perekonomian mikro yang kuat, dengan potensi yang ada di Indoensia.

    Salam wisata

    ReplyDelete
  3. Mantap ka , Lanjutkan ya .. Hehehe

    ReplyDelete